Jumat, 13 Februari 2009

Berharap Pada Pemilu 2009




Masa transisi pemerintahan pada 2009 ini adalah masa yang sangat penting untuk menentukan nasib bangsa kedepan. Seharusnya masyarkat banyak berharap dari pemilu yang akan digelar pada tahun ini, tetapi malah wacana golput yang disuarakan rakyat. Itu membuktikan bahwa masyarakat tidak lagi berharapa pada pemilu dan partai-partai politik yang ada. Mereka menganggap calon-calon wakil rakyat dan pemimpin bangsa itu hanya membikin janji-janji yang tidak pernah ditepati. Mereka akhirnya menyimpulkan bahwa pemilu tidak akan membawa perubahan terhadap bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik.
Yang diharapkan rakyat dari pemerintahan adalah terciptanya kemakmuran, terciptanya rasa aman dan keadilan. Tetapi setelah reformasi sampai sekarang kemakmuran, rasa aman dan keadilan itu belum terwujud. Pemerintah dan wakil rakyat yang seharusnya mengemban amanah itu malah berkhianat kepada rakyat. Jadi kalau rakyat sekarang sudah tidak lagi percaya kepada pemilu dan memilih untuk golput bagaimana? Dan untuk apa pemilu?.
Ditengah permasalahan itu, Hidyat Nurwahit masih optimis bahwa bangsa Indonesia ini akan menjadi bangsa yang berhasil. Hal itu di ungklapkan pada seminar Nasional “Menatap Masa Depan Bangsa dalam Transisi pemerintahan 2009” yang di selengarakan oleh BEM STAIN Surakarta (10/2/09).
Pada seminar tersebut, tokoh PKS yang masih menjabat sebagai ketua MPR itu menuturkan; jangan sampai bangsa Indonesia menjadi negara demokrasi yang gagal seperti Filipina. Indonesia harus menjadi negara demokrasi yang berhasil. Untuk itu beliau juga mengharapkan kepada seluruh rakyat Indonesia jangan memilih golput. Tokoh dan kandidat presiden pada pemilu 2009 ini juga menuturkan bahwa Indonesia harus menjadi bangsa yang merdeka. Yaitu, bangsa yang tidak bergantung dari bangsa lain. Sistem politik dan ekonomi harus bebas dari pengaruh asing. Undaang-undang yang dipakai juga merupakan undang undang kita sendiri. Untuk itu rakyat Indonesia harus mengenal bangsa sendiri dan menentukan nasibnya sendiri.
Lebih khusus lagi, Usman Abubakar yang juga hadir sebagai pembicara dalam seminar itu memaparkan nasib bangsa kedepan dari sudut pandang pendidikan. Rektor STAIN Surakarta tersebut memandang bahwa pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting. Karena masa depan bangsa tergantung dari masyarakatnya yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. Beliau menyarankan kepada siapa saja yang berkuasa dalam pemerintahan hasil pemilu 2009, bahwa anggaraan pendidikan 20% dari APBN harus dijaga.
Melihat peringkat pendidikan yang ada, indonesia berada dibwah Vietnam. Artinya kualitas pendidikan kita berada dibawah negara yang baru merdeka itu. Ini bukan berarti produk pendidikan kita berkualitas rendah. Terbukti banyak putra-putra bangsa yang menjadi ilmuwan sekaliber internasilnal. Bahkan Obama yang hanya 4 tahun sekolah di Indonesia saja bisa jadi presiden Amerika, coba kalau lebih lama lagi? ungkap Usman sambil tersenyum.
Lebih lanjut yang harus diselesaikan oleh bangsa ini adalah ancaman separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Ini adalah masalah rumit, sampai sekarang belum ketemu akar permasalahanya sehibngga permasalahan ini tidak kunjung selesasi –ungkap Hidayat dalam lanjutan seminar itu. Yang jelas tugas berat sudah ada di depan mata para pemimpin bangsa yang nantinya akan mengemban amanah perubahan bagi bangsa ini.[] jalal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar